kucingku
blog ini buat nulis yang serba ringan, buat obat stres urusan kantor
   

<< December 2014 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31


Add text or HTML here




rss feed










 
Wednesday, November 20, 2013
Im Happy
Im happy now. Aku bisa masuk lagi ke sini setelah bertahun-tahun 'pindah rumah'. Tapi blogdrive kurang hot dibanding pesaingnya ya? 

Posted at 09:47 am by kucingku
 

 
Wednesday, October 01, 2008
Berlebaran dengan Ngeblog
Aku salat id di masjid 50 langkah dari rumah. Pukul 07.30 WIB, salat telah berakhir. Apa yangkulakukan? Aku langsung konek internet dan ngeblog. Tapi sayang, wordpress sedang njeblug. Gak bisa diakese. Jadinya aku ngeblog di blogdrive. Aku kecewa wordpress karena suka ko-it saat dibutuhkan.

Posted at 09:25 am by kucingku
 

Menjelang 1 Syawal 1429 H
Suara bedug telah bertalu. Takbir juga telah menggema. Padahal Magrib belum datang.

Aku jadi ingat pengajian di TVRI habis subuh tadi. Seorang Dirjen di Depag yang sangat lucu dan medok, namanya kalo nggak keliru... menyebutkan aturan bertakbir.

Pertama, takbir dilakukan setepas salat Magrib (sesuai sabda Rasul).

Kedua, cukuplah takbir seperti biasa tidak usah dikasih bacaan macam2 seperti Kabiro walhamdukatsiro...sebab banyak orang membacanya keliru sehingga artinya jadi amburadul.

Ketiga, jangan takbir menggangu fasilitas umum seperti menguasai jalanan, takbir di tengah jalan kecuali ada alternatif jalan.

"Jalan itu buat orang lewat dan bukan buat orang duduk," ujarnya.

Di Jakarta, takbir dilakukan seenak udelnya. Banyak yang menutup jalan. Bedug bertalu2 sesuka yang nabuh (anak2 kecil) dan takbir biasanya dilakukan selepas salat ashar.

Bulan2 lalu, Pak Dirjen juga sempat debat dengan seorang narasumber soal azan dengan suara keras.

Narasumber pertama kurang setuju dengan azan yang sangat keras, menghadapkan salon mikrofon ke luar masjid. Sedang Pak Dirjen justru menyatakan bahwa azan itu memang harus keras, asal sesuai waktunya.

Aku sebetulnya setuju ama yang pertama. Lebih toleran bila azan itu sound systemnya diarahkan ke dalam masjid saja, tidak keluar. Tapi okelah setuju dengan Pak Dirjen juga tidak apa2, yaitu azan asal waktunya tepat. Misalnya azan ketika salat wajib sudah tiba waktunya.

Di dekat rumahku lucu sekali. Ada azan yang terdengar setiap pukul 03.30 WIB. Aku tahu maksudnya bagus yaitu azan untuk membangunkan orang salat tahajud. Tapi dari mana syariatnya? Bukankah itu azan tidak sesuai waktu yang tepat? Bukankah itu cukup mengganggu?

Rumahku sendiri dikelilingi oleh berbagai masjid. Setiap waktu salat, azan dari empat penjuru mata angin berkumandang. Aku tak tahu apakah mereka saling bersaingan keras2an? Memasang volume terkeras? Wallahu a'lam.

(Jadi inget masjid kampusku dulu. Masjid kampusku dulu tidak sekeras ini kalau azan. Kurasa menghadapkan sound system ke dalam masjid adalah keputusan yang bijaksana).


30 September 2008
30 Ramadan 1429 H

Posted at 09:15 am by kucingku
 

 
Sunday, September 14, 2008
Penyebar islam di Jawa Keturunan Cina
Selesai subuhan aku menyetel tv. Begitu tv nyala, langsung RCTI. tv itu tak sedang menayangkan berita, melainkan feature tentang Walisongo (penyebar agama Islam di Jawa) yang ternyata mayoritas berdarah Cina. Karena ini adalah informasi yang baru kuketahui

(sebelumnya aku mengira mereka keturunan Arab), akhirnya aku menonton acara itu sampai selesai.

Presenter program setengah jam ini adalah Gustav Aulia. Gustav melakukan perjalanan ke
makam-malam para wali dan mewawancarai sejumlah orang. Bahan liputan itu lebih berdasarkan pada naskah kuno dari kelenteng Sam Ko Kong Semarang. Tayangan itu menjelaskan silsilah para wali dan nama-nama Cina mereka.

Karena ini adalah pengetahuan baru bagiku, aku pun menggoogle untuk mengetahui lebih pasti tayangan rcti tadi. Dengan kata kunci "walisongo, cina" dengan cepat keluar banyak artikel tentang itu. Oh, ternyata itu adalah isu lama. Sudah banyak yang mendiskusikannya. Tapi tak apa aku baru mengetahuinya sekarang ini ketimbang tidak sama sekali.

Aku rasa rcti menulis bahan liputan itu juga dari google soalnya aku banyak menemukan ungkapan2 yang persis dengan yang dinarasikan rcti.

Ternyata, gosip bahwa walisongo adalah orang Cina juga menjadi tanda tanya sejak zaman Belanda. Bahkan akhirnya ada bupati Belanda yang ditugaskan khusus untuk mencari benaran apakah penyebar agama Islam di Pulau Jawa itu adalah orang Cina.

BUpati itu, Poortman, lantas mengambil naskah kuno dari Kelenteng Sam Po Kong pada 1928. Naskah itu sebanyak 3 pedati. Poortman lantas menulis kajiannya. Kajian itu lalu disitir
oleh sejarahwan Indonesia yaitu Parlindungan. TUlisan PArlindungan dikaji lagi oleh Prof Slamet Muljana pada 1968. Namun buku Pak Slamet dilarang beredar oleh rezim Orba karena semua yang berbau Cina saat itu terlarang. Penyebabnya, negara Cina diduga terlibat G30S PKI.

Sejarahwan ASvi Warman Adam menulis bahwa PAk Slamet menyimpulkan, Bong Swi Hoo-yang datang di Jawa tahun 1445-sama dengan Sunan Ampel. Bong Swi Hoo ini menikah dengan Ni Gede Manila yang merupakan anak Gan Eng Cu (mantan kapitan Cina di Manila yang dipindahkan ke Tuban sejak tahun 1423). Dari perkawinan ini lahir Bonang yang kemudian dikenal sebagai Sunan Bonang. Bonang diasuh Sunan Ampel bersama dengan Giri yang kemudian dikenal sebagai Sunan Giri.

Putra Gan Eng Cu yang lain adalah Gan Si Cang yang menjadi kapitan Cina di Semarang. Tahun 1481 Gan Si Cang memimpin pembangunan Mesjid Demak dengan tukang-tukang kayu dari galangan kapal Semarang. Tiang penyangga masjid itu dibangun dengan model konstruksi tiang kapal yang terdiri dari kepingan-kepingan kayu yang tersusun rapi. Tiang itu dianggap lebih kuat menahan angin badai daripada tiang yang terbuat dari kayu yang utuh.

Akhirnya Slamet menyimpulkan, Sunan Kali Jaga yang masa mudanya bernama Raden Said itu tak lain dari Gan Si Cang. Sedangkan Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah menurut Slamet Muljana adalah Toh A bo, putra Sultan Trenggana (memerintah di Demak tahun 1521-1546). Sementara itu Sunan Kudus atau Jafar Sidik yang tak lain dari Ja Tik Su.

Intinya Pak Slamet menyebutkan:

Sunan Ampel alias Bong Swie Ho
Sunan Drajat alias Bong Tak Keng
Sunan Bonang alias Bong Tak Ang
Sunan Kalijaga alias Gan Si Cang
Sunan Gunung Jati alias Du Anbo - Toh A Bo
Sunan Kudus alias Zha Dexu - Ja Tik Su
Sunan Giri adalah cucunya Bong Swie Ho
Sunan Muria Maulana Malik Ibrahim alias Chen Yinghua/Tan Eng Hoat
(satu lagi berarti bukan keturunan Cina)

*
Namun sumber lain menyebutkan bahwa mereka bukan orang/keturunan CIna, melainkan dari Kerajaan Champa. Champa terletak antara KAmboja dan Vietnam. Cina dan CHampa memang mirip.

Saat ini Champa tidak memiliki negara. Champa menjadi suku minoritas di KAmboja dan Vietnam dan penduduknya mayoritas Islam.

Posted at 10:15 am by kucingku
 

 
Saturday, August 02, 2008
Siang terakhir di Portland
Jumat siang tadi (1/8) waktu Portland, sepulang program, aku dkk jalan-jalan ke sejumlah tempat. Termasuk ke sex shop, nggak tau di jalan apa. Wah merinding juga masuk situ. Aku nempel terus ke temen-temenku, antara malu dan penasaran :D Kata temenku sih toko itu isinya tidak 'semeriah' yang di internet. Aku tak tahu bagaimana yang di internet, tapi masuk ke sex shop adalah pengalaman unik bagiku. Kapan lagi gitu loh...

Posted at 02:53 pm by kucingku
 

Di Amrik
Hari ini adalah malam terakhir aku di Portland, AS. Selama di sini, aku hanya bisa membuka detikcom di malam hari, saat hendak tidur karena kegiatanku sampei malam. Dan aku selalu menemukan berita mengerikan soal ryan...ugghhh berita menakutkan sebagai pengantar tidur...kapan drama itu berakhir? aku bosan membacanya. saat tiba di jakarta nanti,aku juga akan melanjutkan berita itu...uggghhhh...(JUMAT pukul 23.45 waktu Portland).

Posted at 02:48 pm by kucingku
 

 
Tuesday, June 24, 2008
The Family than The Office
Apakah anda menyadari bahwa jika kita mati besok, perusahaan di mana kita bekerja sekarang bisa saja dengan mudahnya mencari pengganti kita dalam hitungan hari?

Tetapi keluarga yang kita tinggalkan akan merasakan kehilangan selama sisa hidup mereka.

Mari kita renungkan, kita melibatkan diri lebih dalam kepada pekerjaan kita ketimbang keluarga kita sendiri, suatu investasi yang tentunya kurang bijaksana, bukan? Jadi apakah anda telah memahami apa tujuan cerita di atas?

Apakah anda tahu apa arti kata KELUARGA? Dalam bahasa Inggris, KELUARGA = FAMILY.

FAMILY = (F)ather nd (M)other, (I), ove, (Y)ou. Teruskan cerita ini kepada orang-orang yang kau pedulikan

Posted at 12:48 pm by kucingku
 

pendapat hari ini
hai, sudah lama tidak ngeblog di sini. habis, harus ngisi blog satunya sih :D blog dalam rangka 'tour of duty'.

aku mau berpendapat soal kisah demo mahasiswa Unas. Ini hanyalah pendapat pribadi, tidak terkait ama policy tempatku bekerja.

alkisah, seorang mahasiswa unas meninggal. rekan-rekan mereka meyakini temannya itu meninggal akibat dampak pukulan polisi pada 24 Mei lalu.

Mereka lalu menggeruduk RSPP dan menekan dokter agar menjelaskan sebab kematian rekannya itu. Mereka ingin mendapatkan bekal untuk menyeret polisi ke pengadilan akibat kekerasan itu.

dokter yang didemo mahasiswa awalnya enggan bicara. tapi karena didesak dan ketakutan, dokter buka mulut juga.

tapi...jawaban dokter bak sengatan lebah. para mahasiswa seperti kesambar petir di siang bolong.

sebab dokter menyebutkan bahwa rekan mereka meninggal bukan akibat pukulan itu, melainkan karena virus HIV/AIDS!!!!!!!!!!

Jelas mereka nggak percaya, nggak percaya, nggak percaya....

(kadang2 keingintahuan yang didasari keyakinan tertentu menghasilkan sesuatu yang tidak menggembirakan)

Posted at 11:02 am by kucingku
 

 
Tuesday, February 19, 2008
Ya Amppuunn....Cewek to?!

Saat mencari gambar anjing alien CJ7 di google, eh aku nemu sejumlah artikel tentang pemeran Dicky Ti, bocah SD miskin yang sering dihina temen-temennya karena kepolosan dan kemiskinannya. Dia menjadi sentral cerita ini. Dia menjadi anak Stephen Chow yang memerankan buruh bangunan..

Saat menonton film itu pertama kali, aku bisa melihat Dikcy adalah seorang bocah ganteng. Tapi hari ini aku menemukan fakta yang mengejutkan yaitu pemeran Dicky adalah seorang cewek! (namanya Xu Jiao).


Saat akan membuat film CJ7, Stephen Chow yang mengarang kisah, memproduseri, menyutradarai dan juga jadi pemeran film itu, mengaudisi seribuan bocah lelaki. Tapi kok nggak ada yang cocok. Alhasil, dia malah mendapatkan seorang cewek untuk menjadi Dicky, cowok kecil yang nakal khas anak-anak.



O ya, Stephen Chow membuat film ini untuk mengenang anjingnya yang mati karena kanker. Hiks!

SINOPSIS Dari BLOG TETANGGA:

Cerita berpusat pada seorang anak bernama Dicky (yang surprisingly, diperankan oleh seorang CEWEK pendatang baru bernama Xu Jiao) yang terus mengalami masa2 sulit di sekolah karena ayahnya yang bernama Ti,hanyalah seorang buruh bangunan miskin (Stephen Chow) yang bertempat tinggal di reruntuhan bangunan yang terbengkalai. Meskipun miskin, Ti menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta bonafit yang justru membuat anaknya agak tertekan karena disaat anak2 lain bersekolah dengan seragam dan asesoris terbaiknya, Dicky justru pergi dengan seragam kumal satu2nya dan sepatu hasil nemu di tumpukan rongsokan yang dijahit sendiri bagian yang bolong oleh ayahnya.

Dalam kemiskinannya ini, Dicky sering kali iri sama temen2 sekolahnya yang bawa2 maenan baru, dimana salah satu maenannya adalah anjing robot dengan kode CJ1. Dicky sampe nangis2 di toko mainan minta dibeliin itu, dimana ini adalah salah satu dari beberapa adegan mengharukan dari film ini. Saat ayahnya yang sedih lagi bongkar rongsokan cari sepatu olahraga buat anaknya, dia nemu bola ijo yang tertinggal dari pesawat alien yang ngetem di rongsokan itu. Bola ijo ini akhirnya berubah jadi robot anjing elastis lucu yang oleh Dicky diberi nama CJ7.

CJ7 ternyata punya kemampuan untuk ngebenerin barang2 yang rusak dengan gelombang dari kepalanya. Namun setiap kali ngebenerin barang, ini akan ngehabisin batere dari CJ7 dan dia akan menjadi lemah. Tapi sepanjang film, hanya 3 barang yang dibenerin CJ7, apel busuk yang jadi apel seger, kipas angin rusak, dan yang terakhir, ngehidupin kembali Ti, yang sempet tewas karena kecelakaan di tempat kerja. CJ7 pun kehabisan batere dan berubah menjadi boneka bludru biasa. Tapiiii......

Posted at 02:32 pm by kucingku
 

Pengin Boneka CJ7

Semalam aku nonton film CJ7 lagi setelah minggu lalu nonton film itu di bioskop. Pulang kantor kusengaja ke pinggiran terminal Senen untuk mencari DVD-nya. Dan lagi-lagi aku berurai air mata. hiks!

sebenarnya yang pengin kutonton hanyalah anjing alien: CJ7. Anjing itu begitu luuccuuuu bangeeet. Entah siapa yang ngarang anjing itu. Yang jelas: brilliant! Meski terilhami ET, namun alien yang dimunculkan tidak semengerikan film ET.

Anjing CJ7 itu seperti kucing. Dia manja, suka dielus-elus, badannya lentur dan ..... gaya silatnya konyol banget!



Siang ini temenku yang punya koneksi di Taiwan ku-ym. "Adakah boneka CJ7 di Taiwan?" Temenku lalu bertanya pada temennya di Taiwan dan menjawab: "Ada." Tapi, nyampe ke Jakarta gak ya?

Sumpeh, CJ7 bener-bener mengocok perut dan menguras air mata! Aku rasa aku akan menonton DVD-nya lagi hari-hari mendatang. Anjing alien itu ngangengin...

Posted at 01:54 pm by kucingku
 

Next Page